Ayo Buruan, Pemerintah Kembali Alokasikan Anggaran ke LPDP, untuk 3.256 Mahasiswa Tahun 2023

Jakarta-Urita.ID, Pemerintah terus berupaya menggenjot sektor sumber daya manusia(SDM) yang unggul di masa mendatang. Hal itu terlihat dari upaya Pemerintah untuk mengalokasikan anggaran di sektor Pendidikan. Pemerintah kembali mengalokasikan anggaran untuk program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP ) baru untuk 3.256 mahasiswa 2023.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh dirjen anggaran kementerian keuangan, Isa Rahma, yang mengungkapkan bahwa anggaran untuk lpdp yang didapat dari alokasi dana pendidikan menjadi sebesar Rp 608.3 triliun.

Ia pun menjelaskan bahwa jumlah anggaran pendidikan tersebut juga termasuk untuk program Bidikmisi / kartu Indonesia pintar (KIP-kuliah) yang diperuntukkan bagi 976.800 mahasiswa, yang juga dikelola oleh Kemendikbudristek dan Kemenag.

Adapun tujuan dari program ini untuk meningkatkan SDM dalam negeri yang berkualitas sehingga mampu bersaing dengan negara lain. Setiap mereka yang membutuhkan pengetahuan dan pendidikan tentu tertarik dengan beasiswa ini. Banyak orang cerdas yang ingin kuliah sampai ke jenjang pendidikan tinggi namun terkendala oleh biaya. Mereka yang ingin kuliah di luar negeri tentunya harus mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Kehadiran biasiswa LPDP, tersebut diharapkan dapat menunjang pendidikan yang ditempuh oleh calon mahasiswa tersebut sehingga nantinya setelah lulus kuliah dapat menjadi pemimpin Indonesia di masa mendatang.

Melansir SINDONEWS.COM, Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023

  1. Warga Negara Indonesia yang ditunjukkan dengan identitas kependudukan yang sah.
  2. Lulusan progam studi:
    a. Perguruan Tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
    b. Perguruan Tinggi kedinasan yang diakui oleh pemerintah Indonesia
    c. Perguruan Tinggi di luar negeri yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,Kemendikbudristek Baca juga: Nama-nama Jurusan Kuliah yang Wajib Calon Mahasiswa Ketahui, Jangan Salah Pilih
  3. Mempunyai jiwa kepemimpinan yang ditunjukkan dengan pengalaman memimpin sebuah organisasi atau lembaga yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan.
  4. Menandatangani surat pernyataan tidak pernah terlibat tindakan melanggar hukum.
  5. Menandatangani surat pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik akademik.
  6. Menandatangani surat pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia.
  7. Menandatangani surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain.
  8. Memilih program studi atau perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh LPDP.
  9. Mengupload essay (500-700 kata ) dengan tema : • Peranku bagi Indonesia • Sukses terbesar dalam hidupku
  10. Rencana studi untuk program Magister Cara Mendaftar Beasiswa LPDP Pendaftaran dilakukan secara online melalui www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id. Bagi yang sudah punya akun dapat langsung log in. Sedangkan yang belum punya akun terlebih dahulu harus membuatnya dengan klik tombol buat akun pada halaman tersebut. Formulir dan Dokumen Pendukung Beasiswa LPDP:
    Kesatu; Cetak Formulir Pendaftaran Online
    Kedua; Ijazah atau Transkrip Asli.
    Ketiga; Sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL dan yang setara
    Keempat; Sertifikat Prestasi Jadi persiapkanlah diri anda untuk mengikuti program Beasiswa LPDP 2023 dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditulis di atas, untuk info yang lebih jelas lagi silahkan cek melalui web resmi klik LPDP. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *