oleh

‘Cari Berkah Jumat’, Program Inovatif Kapolres Manggarai untuk Berinteraksi dengan Masyarakat

Ruteng-Urita. ID, Kepala Kepolisian Resort Manggarai (Kapolres Manggarai) AKBP Yoce Marten, S.H.,S.I.K., M.I.K., akan menggelar kegiatan “Cari Berkah Jumat”, atau yang dikenal dengan kegiatan cerita ringan dan sharing bersama Kapolres Manggarai pada hari Jumat.

Kegiatan yang merupakan program inovatif dalam upaya mendekatkan diri dengan warga di wilayah hukum Polres Manggarai, merupakan kegiatan rutin yang akan diselenggarakan setiap hari Jumat.

Hal itu disampaikan Kapolres Manggarai, AKBP Yoce Marten, S.H.,S.I.K., M.I.K. kepada Urita.ID, di ruang kerjanya pada Kamis 24/11/2022.

“Itu program inovasi yang akan digelar setiap hari jumat. Cari Berkah Jumat itu cerita ringan dan sharing bersama Kapolres Manggarai. Kegiatan ini berupa kegiatan sharing. Masyarakat setelah mendapat informasi ini, diharapkan dapat hadir, membagi sharing, tukar pikiran atau laporan apa saja tentang gangguan kantibmas, “jelas Kapolres yang kerap disapa AKBP Yoce itu.

Kata dia, untuk berinteraksi dengan masyarakat, perlu dilakukan pelayanan yang presisi. Lebih dalam kata dia, untuk didatangi secara pribadi perorangan, mungkin agak sulit, butuh waktu lama. Tetapi mungkin ada juga laporan masyarakat yang belum sampai ke saya. Soal di lapangan ada juga petugas di lapangan.

Ia mengaku, pelayanan petugas kepolisian di setiap polsek juga sudah mulai turun dan temui masarakat untuk mendekatkan pelayanan, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat(Bhabinkamtibmas) kata dia belum bisa mengisi semua desa yang ada di wilayah hukum Polres Manggarai. Menurutnya masih banyak kekurangan anggota. Semetara, desa di kabupaten Manggarai lebih dari 100 desa. Personil Bhabinkamtibmas hanya sedikit.

” Untuk saat ini, Bhabinkamtibmas kita mengisi disetiap kecamatan, ada dua dan ada pula yang tiga di satu kecamatan. Sebelumnya, saya sudah buat call center, kontak langsung kapolres. Saya sudah sebarluaskan nomor kontak saya, masyarakat bisa menelpon kapan saja untuk mendapat pelayaaan langsung,” tandanya lagi.

Adapun tujuannya agar masyarakat bisa mendapat pelayanan yang baik dan juga bisa berinteraksi langsung. Ia mengatakan ingin mendengar langsung dari masyarakat.

Terkait pelaksanaan “Cari Berkah Jumat,” Ia berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan yang disediakan. Hadir dan ikuti kegiatan di kantor Polres Manggarai. Sehingga informasi yang akan diperoleh dari masyarakat anak di tindaklanjuti.

“Semua laporan atau informasi dari masyarakat yang hadir dalam kegiatan cari berkah Jumat akan direspon dan di tindaklanjuti,” tukasnya.

Terkait Polisi presisi, ia mengatakan bahwa karakter polisi yang dulu sangat berbeda dengan yang sekarang. “Sekarang, polisi presisi, lebih kepada menganyomi masyarakat, sahabat masyarakat dan tidak boleh menakut- nakuti masyarakat, ” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *