Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur Keluarkan Surat Edaran, Ini Isinya

Borong-Urita.ID, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai timur melalui Dinas Kesehatan mengeluarkan surat edaran berupa larangan untuk meresepkan atau menjual obat dalam bentuk sediaan cair atau syrup.

Hal tersebut tertuang dalam surat pemberitahuan bernomor: Um.090/Dinkes/1486/X/2022.

Dalam surat yang ditandatangani Kepala Dinas Kesehatan, dokter Surip Titin tersebut ditujukan kepada:

1. Dirut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Borong,

2. Kepala Puskesmas Se-kabupaten Manggarai timur,

3. Apoteker Penanggungjawab apotek se-kabupaten Manggarai timur,

4. Kepala Klinik Pratama Se-kabupaten Manggarai timur,

5. TTK Penanggungjawab Toko Obat Se-kabupaten Manggarai timur.

Dalam surat, Kepala Dinas Kesehatan memberitahukan bahwa, berdasarkan surat Kementrian Kesehatan Nomor: SR.01.05/III/3461/2022 tanggal 18 Oktober 2022. Prihal kewajiban penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Khasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progresive Acute Kidney Injury) pada anak, maka dengan ini kami menyampaikan agar seluruh fasilitas pelayanan kesehatan baik Rumah Sakit, Puskesmas dan jaringannya, Apotek, Toko Obat, serta Klinik Pratama untuk tidak meresepkan atau menjual obat dalam bentuk sediaan cair atau syrup sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan.

“Sebagai ganti sediaan cair atau syrup, dapat diberikan dalam bentuk sediaan Puyer,” tulis Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, dokter Surip Titin, pada 19/10/2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *