Dinas PPO Matim Gelar MGBI Jenjang SMP, Wabup Habur Dorong Tingkatkan Literasi

Borong-Urita.ID, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai Timur gelar kegiatan musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan berlangsung di Aula Kopdit Abdi Manggarai Timur (AMT), pada Selasa 24 Januari 2023.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Manggarai Timur, Siprianus Habur, Kepala dinas PPO, Basilius Teto, Sekdis PPO, Winsensius Tala, Koordinator Pengawas SMP, Dominikus Dom, Pengawas SMP lainnya John Sinus dan Fransiskus Mungga.

Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Timur, Sipri Habur dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada 2 Mei 2021 bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kabupaten Manggarai Timur telah mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Literasi.

Ia tambahkan sebagai tindak lanjut dari deklarasi tersebut, dinas Pendidikan mendorong seluruh satuan pendidikan untuk menggerakkan budaya membaca dan menulis di masing-masing satuan pendidikan.

“Dorongan ini mendapat sambutan positif dari sekolah-sekolah dengan melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka memperkuat kompetensi literasi baik di level guru maupun siswa,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan , ada beberapa sekolah penggerak dilaksanakan kegiatan Journalis Goes To School, di mana beberapa guru berkolaborasi dengan beberapa Wartawan local untuk melatih kemampuan menulis para siswa hingga menghasilkan buletin atau majalah.

Selain melalui Gerakan Journalis Goes To School, penguatan literasi di sekolah juga dilakukan melalui penerbitan majalah dinding sekolah. Bahkan beberapa sekolah sudah membuat majalah dinding digital.

Menurutnya, sesuai kebijakan Merdeka Belajar, literasi merupakan salah satu kompetensi esensial yang harus diperkuat di sekolah.

“Hal ini dipertegas melalui implementasi Kurikulum Merdeka yang memfokuskan penguatan literasi, numerasi dan karakter terutama di sekolah dasar,” ujarnya.

Ia berpesan sebagai kabupaten literasi, Manggarai Timur berkomitmen untuk menumbuhkan budaya menulis dan membaca sejak dini. Karena itu kegiatan-kegiatan yang mendukung kemampuan menulis dan membaca harus terintegrasi dalam program sekolah.

“Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi kunjungan perpustakaan secara rutin dan terjadwal, membaca satu buku setiap minggu, membuat pohon literasi di setiap kelas, membuat majalah dinding sekolah dan membuat pojok baca di lingkungan sekolah,” pesannya.

Ia katakan selain dilaksanakan di tingkat sekolah, gerakan literasi juga dijalankan oleh individu dan kelompok masyarakat yang memiliki kepedulian menumbuhkan budaya literasi di tengah-tengah masyarakat.

Ia berkomitmen sebagai kabupaten pelaksana Program Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak serta mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten literasi, Manggarai Timur berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mendorong seluruh komponen untuk mengambil bagian di dalamnya.

“Dengan bergerak bersama, kita dapat merealisasikan cita-cita Merdeka Belajar untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada siswa demi mewujudkan profil pelajar Pancasila yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, mandiri, bernalar kritis, berkebhinekaan global, bergotong royong dan kreatif,”ungkapnya.

Di akhir sambutannya Wabup Sipri mengajak untuk semua pihak agar bergerak bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan demi generasi Manggarai Timur yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *