Dukung Rehabilitasi di Lahan Kritis, Bupati Hery Nabit Serahkan Bantuan 2000 Anakan Pohon Merbau

Ruteng-Urita.ID, Dalam rangka mendukung rehabilitasi di lahan kritis, Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, SE.,MA, menyerahkan sekaligus menanam secara simbolis anakan kayu Merbau di lahan kritis Desa Bulan, kecamatan Ruteng, Rabu 04 Januari 2023, sore.

Bantuan anakan pohon Merbau yang di bantu sebanyak 2000 anakan pohon Merbau diserahkan kepada Kelompok Tani Lando Desa Bulan untuk kemudian dimanfaatkan demi rehabilitasi lahan kritis.

Hadir dalam kegiatan penyerahan dan turut mengikuti penanaman secara simbolis, Bupati Hery dalam sambutannya menghimbau agar anakan pohon yang telah ditanam dapat dijaga dan dirawat.

Selain anakan pohon, Bupati Hery berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan kritis tersebut dengan menanam jagung. “Kebutuhan jagung untuk kita (Kabupaten Manggarai) masih sangat tinggi. Perluasan areal untuk jagung sangat dibutuhkan,”ungkapnya.

Komoditi lainnya seperti jambu krista juga dapat ditanam di lahan kritis sehingga dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat.

Lebih jauh Bupati Hery mengatakan di awal tahun 2023, pemerintah sudah mulai dengan kegiatan penanaman anakan pohon dan ke depan pemerintah bersama masyarakat diharapkan untuk saling bersinergi guna menyukseskan program-program pemerintah demi kesejahteraan bersama.

Di lain pihak, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kanis Nasak SE menjelaskan bahwa anakan pohon Merbau ditanam di desa Bulan dikarenakan adanya proposal yang masuk dari kelompok masyarakat dan juga ketersediaan lahan

“Suatu saat juga bibit-bibit ini akan dipertanggungjawabkan oleh pemerintah,”ujarnya.

“Poin penting dari kegiatan kita hari ini bukan tanam lalu selesai. Tugas kita bersama adalah menghijaukan dan memelihara areal sekitar pohon ini,” pesannya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *