Hadiri Pelantikan PPS, Bupati Nabit: Tidak Ada Pertandingan, Kalau Tidak Ada Wasit

Ruteng-Urita.ID, Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, S.E., M.A menghadiri kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum Tahun 2024 tingkat Kabupaten Manggarai. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung Manggarai Convention Center (MCC) Ruteng mulai pukul 09.00 Wita pada Selasa, 24 Januari 2023.

Ada 513 anggota PPS yang dilantik dan diambil sumpahnya hari ini; masing-masing 3 orang dari 171 desa/kelurahan se-kabupaten Manggarai. Mereka adalah peserta yang lolos seleksi PPS yang diselenggarakan oleh KPUD Manggarai beberapa waktu sebelumnya dan akan bertugas selama 14 bulan, mulai 24 Januari 2023 sampai 4 April 2024.

Bupati Hery Nabit dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peranan penyelenggara Pemilu, termasuk Panitia Pemungutan Suara, dalam pelaksanaan Pemilu 2024 agar menghasilkan terpilihnya wakil rakyat dan pemimpin yang berkualitas. Dirinya mengibaratkan ajang lima tahunan yang digelar 2024 mendatang sebagai pertandingan/kontestasi dan pihak penyelenggara adalah wasit.

“Tidak ada pertandingan kalau tidak ada wasit. Tetapi bukan asal wasit. Wasit yang paham aturan. Mari membaca aturan dengan baik,” ujar Bupati Hery Nabit. Dirinya menambahkan, penguasaan atas aturan-aturan oleh penyelenggara Pemilu akan menjadi penuntun dalam kerja-kerja penyelenggaraan, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan nanti.

“Sasarannya adalah Pemilu yang aman. Selain menguasai aturan, (PPS) yang dilantik hari ini juga harus memiliki kematangan emosional yang baik. Kalau Pemilu chaos, jumlah polisi yang ada tidak cukup untuk mengamankan. Karena itu kita semua harus jadi ‘polisi’ untuk diri sendiri dan penyelenggaraan harus benar-benar berkualitas,” paparnya.

Dirinya juga mengingatkan pentingnya kesadaran bersama agar Pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang menghasilkan orang-orang yang memiliki ide dan cita-cita yang luhur agar menghasilkan pemimpin nasional dan wakil-wakil rakyat yang berkualitas.

Selain dilantik dan diambil sumpahnya, PPS yang juga menandatangani Pakta Integritas. Ketua KPUD Manggarai Thomas A. Hartono menyampaikan bahwa kegiatan hari ini adalah titik penting sebab 513 petugas tersebut telah menyatakan tanggung jawab penuh atas penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas, kepada Tuban, masyarakat Manggarai dan bangsa. PPS yang telah dilantik akan langsung bertugas, bersama 60 PPK di 12 kecamatan dan lebih dari 7000 KPPS.

“Kerja ini adalah kerja kolosal. Di tangan kita inilah semua proses akan berjalan bersama stake holders lainnya,” ujar Thomas Hartono yang juga menyampaikan terima kasih kepada unsur Forkopimda yang hadir pada kegiatan tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *