oleh

HUT ke-77 TNI, Presiden Minta TNI dan Polri Bersinergi Sukseskan Agenda Nasional

Jakarta-Urita.ID, Presiden Joko Widodo meminta Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk bersinergi menyukseskan berbagai agenda nasional dan penanganan sejumlah krisis yang melanda Indonesia. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara dalam amanatnya saat memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI yang digelar di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 5 Oktober 2022.

“Saya minta kepada jajaran TNI dan jajaran Polri untuk bersinergi menyukseskan berbagai agenda nasional ini. Dukung agenda-agenda nasional dalam penanganan krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial. Bantu pengendalian pangan, pengendalian inflasi. Jaga pertahanan dan keamanan agar masyarakat bisa berkarya optimal dalam menghadapi berbagai macam tantangan yang ada,” ujar Presiden.

Tidak hanya itu, Kepala Negara juga meminta TNI untuk turut berkontribusi mendukung terselenggaranya berbagai ajang internasional yang diadakan di Indonesia dalam waktu dekat. Salah satu ajang tersebut yaitu presidensi Indonesia pada G20.

“Kita harus mampu menunjukkan kepada dunia bahwa kepemimpinan Indonesia di G20 bisa menghasilkan aksi dan solusi yang konkret agar krisis dunia tidak berlanjut dan membangun dunia yang lebih mampu menghadapi tantangan-tantangan ke depan,” ungkapnya.

Guna menghadapi tantangan bangsa tersebut, Presiden Jokowi meminta TNI untuk terus meningkatkan profesionalitasnya dan terus memegang teguh jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional.

“Jadilah garda terdepan dalam menghadapi setiap ancaman, setiap tantangan, setiap hambatan, dan gangguan. Bersikap dan bertindaklah secara profesional sesuai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Sapta Marga, dan Sumpah Prajurit. Peliharalah kemanunggalan TNI dengan rakyat karena bersama rakyat TNI akan kuat,” ucap Presiden.

Terakhir, Presiden Jokowi tidak lupa mengingatkan TNI untuk selalu mengamalkan sifat-sifat prajurit yang pantang menyerah, selalu tabah, selalu loyal, selalu tulus, dan selalu rela berkorban untuk kejayaan dan kemajuan rakyat Indonesia serta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu bersama kita semuanya. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia. Bersatu, berjuang, kita pasti menang,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *