Kakan Kemenag Matim: Santri Milenial, Tidak Hanya Belajar Agama, Tetapi Mereka Belajar Tentang Moderasi, Toleransi dan Iptek

Borong-Urita.ID, Hadir dalam acara apel bendera memperingati hari santri Nasional tahun 2022 yang ke-7 tahun, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai Timur, Anselmus Panggabean,S.Ag, yang berlangsung di lapangan upacara MTs Negeri 2 Borong, Sabtu 22/10/2022.

Seusai apel bendera, Anselmus mengatakan Santri yang sekarang tidak hanya belajar agama, tetapi juga mereka belajar tentang moderasi, toleransi, inovatif dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kepala kantor Kementerian Agama yang kerap di sapa Ansel itu mengapresiasi atas kebolehan para santri dalam menampilkan karya-karya seni mengisi acara usai apel memperingati hari santri nasional.

Ansel mengatakan ia sangat bersyukur dan berterima kasih kepada anak-anak santri dan madrasah yang turut hadir mengisi acara apel bendera memperingati hari santri pada hari ini.

” Saya juga sangat berterima kasih kepada kepala seksi pendidikan Islam kantor kementerian agama kabupaten Manggarai Timur, terima kasih juga kepada Kepala tata usaha kantor kementerian agama kabupaten Manggarai Timur dan juga para kepala Madrasah, Pimpinan Nahdlatul ulama cabang borong, Pihak keamanan anggota Polres Manggarai Timur yang turut hadir dan mendukung berpartisipasi secara langsung atau tidak dalam kegiatan ini,” tuturnya.

Menurutnya kehadiran mereka tidak hanya menghadirkan diri melainkan mendukung kebersamaan kita disini, mendukung toleransi dan juga moderasi beragama.

Menyaksikan penampilan anak-anak santri dan madrasah mengisi kegiatan apel bendera memperingati hari santri nasional, dirinya sangat mengapresiasi atas prestasi yang dimiliki anak-anak Santri di mana pada saat apel tersebut, anak-anak Santri menampilkan karya-karya mereka bahkan menjelaskan tentang Apa itu Santri dalam bahasa Inggris.

” Santri hari ini tidak hanya belajar tentang agama tetapi mereka juga belajar tentang ilmu pengetahuan dan teknologi, inovatif, moderasi dan juga toleransi dan juga budaya, mereka sangat menjaga budaya,” ungkap Ansel mengapresiasi.

Untuk kita di Flores di NTT, provinsi terindah toleransi ini, kata dia, tidak hanya menjaga toleransi tetapi toleransi itu ada dari dalam hati nurani, sejak lahir karena kita lahir dari rahim yang sama yaitu dari NTT.

” Harapannya ke depan, karena hari ini fokus di Santri, kita sangat berharap kedepannya santri-santri kita akan menjadi duta di mana-mana. Baik duta toleransi, duta moderasi, duta pengetahuan dan duta budaya hingga mereka menjadi orang-orang terbaik kita ke depan,” tutupnya.

Menambah apa yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai Timur, dari tempat yang sama, Kepala Seksi Pendidikan, Haji dan Bimas Islam Kementerian Agama, Kabupaten Manggarai Timur, Drs. H. Abdurrazak, mengatakan bahwa apel memperingati hari santri nasional sesuai dengan hasil rapat, diselenggarakan di MTS Negeri 2 Borong. Melibatkan para santri, Madrasah, tokoh agama dan juga pengurus cabang kabupaten Manggarai timur Nahdlatul ulama dan Pihak Kemanan dari Polres Manggarai Timur.

Ia berpesan kepada seluruh madrasah yang tersebar di seluruh Kabupaten Manggarai Timur, bahwa harus turut mengambil bagian dalam memperingati hari santri nasional.

“Karena madrasah itu sendiri adalah lembaga pendidikan agama. Madrasah itu sendiri ciri khasnya adalah agama. Mereka harus bisa menjaga nama baik agama dan juga mengedepankan nilai agama dalam kehidupan sehari-hari dalam hidup bermasyarakat,” tegas Abdurrazak.

” Hari santri Nasional tidak hanya milik santri saja, tidak bisa tidak ambil bagian, harus ambil bagian dalam memperingati hari santri Nasional,” terangnya.

Sementara itu dari tempat yang sama, Hendra Umbu Randi, ketua pengurus cabang Kabupaten Manggarai Timur Nahdlatul Ulama (NU) kepada media ini mengatakan bahwa toleransi ini tetap terjaga. Iya berpesan Untuk tetap menjaga toleransi karena kesatuan negara Republik Indonesia NKRI harga mati.

” Kita berlandaskan pada rasa cinta tanah air sebagian daripada mengabdi. Hari ini kita sangat senang sekali berbahagia bisa bekerja sama dengan komponen-komponen yang berada di Kabupaten Manggarai Timur, sehingga melaksanakan hari memperingati santri nasional Tahun 2022 dengan aman dan lancar, atas nama pengurus ngurus cabang Kabupaten Manggarai Timur Nahdlatul Ulama mengucapkan selamat memperingati hari santri nasional,” tutup Hendra.

Untuk diketahui, Apel bendera memperingati hari santri nasional, dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manggarai Timur, Anselmus Panggabean,S.Ag, Turut hadir Petugas Keamanan, Anggota Personil Polres Manggarai timur, Pimpinan pengurus NU cabang Borong, Para Kepala Madrasa dan Tokoh Masyarakat. Apel Berlangsung Aman, Sejak Pukul 08.00 wita sampai selesai pukul 10.00 WITA berlangsung Aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *