Kenali Lambang Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya, Provinsi Ke-38 di Indonesia

Sorong-Urita.ID, Seperti yang kita ketahui bersama Lambang merupakan Elemen penting untuk mengidentifikasi asal dan juga merupakan simbolisme kebanggan dan ciri khas. Termasuk setiap Institusi, tidak terkecuali Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2007 tentang Lambang Daerah, bahwa Setiap Daerah wajib memiliki Lambang dan Pataka (Bendera) Daerah.

Dalam KBBI, lamĀ·bang n 1 sesuatu seperti tanda (lukisan, lencana, dan sebagainya) yang menyatakan suatu hal atau mengandung maksud tertentu; simbol.

Lambang Provinsi PBD sendiri, telah ada sejak 2004 lalu, pada masa perjuangan pemekaran Provinsi PBD. Lambang tersebut diciptakan bersama oleh para tokoh dan pejuang pemekaran PBD.

Dan sejak beberapa bulan ini, Setda Provinsi PBD bersama Aparatur terkait, Kami menyempurnakannnya, tanpa mengubah sedikitpun Lambang awal.

Karena di era digital ini, banyak Informasi yang beredar di Internet tidaklah 100 persen akurat, maka untuk menghindari hal tersebut, kami menugaskan saudara Muhammad Haeqal Triyono , yang berkompeten, dan memang Aparatur di salah satu Kabupaten di wilayah Provinsi PBD, untuk menyempurnakan dan melakukan digitalisasi serta diseminasi di platform lainnya.

Agar Lambang PBD dapat secara luas diakses Publik maupun dapat diaplikasikan pada Seragam Dinas, Kantor-Kantor, serta media dan berbagai atributif lainnya.

Publik dan yang berkepentingan untuk Lambang PBD ini, dapat mengakses melalui Porta berikut ini (sebutkan kaka punya link portal berita).

Lambang Daerah Provinsi Papua Barat Daya, dapat di download di :
https://iili.io/HYtzBTP.png

Pataka / Bendera Provinsi Papua Barat Daya, dapat di download di :
https://iili.io/HYtA5fn.png.

Elemen penting dalam Lambang PBD, antara lain :
-Berbentuk Perisai
-Elemen 3 Warna, yakni Kuning, Biru dan Hijau
-Tulisan Provinsi Papua Barat Daya
-Bintang Fajar (Morning Star), berwarna merah
-Padi (berjumlah 45) dan Kapas (berjumlah 17)
-Roundel Merah Putih
-Didalamnya terdapat Bentang Peta Provinsi Papua Barat Daya
-Burung Cenderawasih (Bird of Paradise).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Lambang provinsi apaan kalau gambar burungnya sendiri hasil foto, jelek kalau boleh jujur setara sama lambang Sulawesi BaratšŸ¤£šŸ¤£