oleh

Manfaat Kulit Pisang, Untuk Pertanian, Penting untuk Dibaca

Tips&Trik-Urita.ID, Hallo para pembaca sebangsa dan setanah air dimanapun berada. Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan semangat. Kali ini Urita.ID hadir dengan mengulas tentang manfaat kulit pisang.

Pisang, kerap di konsumsi, karena isinya memiliki berbagai jenis kandungan yang tentu saja sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.  Terkait pisang, setidaknya Urita.ID sudah mengulasnya sebagai sebuah informasi yang disajikan kepada khalayak pembaca sebangsa dan setanah air.

Tentu informasi tentang buah pisang juga sangat disambut baik.

Kali ini, Urita.ID, hadir lagi dihadapan para khalayak pembaca untuk menyajikan informasi menarik yang tentu saja sangat dibutuhkan pembaca. Yakni , manfaat Kulit Pisang bagi sektor pertanian.

Baik, kita langsung jos.

Kulit pisang, kerap diremehkan. Terkadang sebagian orang tak tahu apa manfaatnya. Terkadang kulit pisang juga adalah pembawa sial, bagi orang yang terpeleset akibat menginjaknya, mungkin lagi badluck ya.

Tapi tenang, Urita.ID, telah melansir dari berbagai sumber tentang apa kira kira kegunaan kulit pisang bagi sektor pertanian. Ternyata oh ternya, kulit pisang adalah bahan baku yang paling baik untuk dijadikan pupuk organik.

Melansir neurafarm.com jika kita menggunakan kulit pisang kepok sebagai pupuk cair, maka kandungan unsur hara yang terdapat dalam pupuk tersebut yaitu C-Organik sebesar 0,55%, N-total 0,18%, P2O5 0,043%, K2O 1,137%, C/N 3,06% dan mempunyai pH 4,5.

Kulit pisang memiliki potasium yang bisa bermanfaat untuk tumbuh kembang tanaman Moms di rumah. Kandungan fosfor pada kulit pisang pun dapat membantu tanaman untuk tumbuh subur.

Pupuk organik adalah pupuk yang bahan utamanya terdiri dari bahan-bahan organik, seperti dari tanaman atau kotoran hewan. Pupuk organik memiliki kandungan hara yang lengkap yang bermanfaat untuk tanaman. Pupuk ini bisa berbentuk padat atau cair dan mampu menutrisi tanah sehingga tanaman pun tumbuh dengan subur.

Salah satunya pupuk organik cair ini yaitu POC dari kulit pisang yang dapat kita buat sendiri dirumah, lho Sahabat Urita.ID. Kulit buah pisang juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk tanaman, lho.

Lalu, bagaimana cara membuat pupuk kompos atau pupuk organik dari kulit pisang?
Tenang, sahabat Urita.ID, Cara membuat pupuk organik tidak sulit, lho. Apalagi Sahabat Urita.ID bisa menggunakan bahan yang mudah ditemukan dan bahkan bahan yang sudah tidak digunakan lagi. Sahabat Tani juga tidak perlu lagi membeli pupuk kompos dan bisa memanfaatkan berbagai bahan yang ada di sekeliling untuk membuat pupuk organik.

Bahan bahan yang dibutuhkan yaitu :

1). Kulit pisang,
2). Gula Pasir,
3). Air bersih
4). Botol bekas

Tahap pembuatan :

Pertama, bersihkan dahulu botol-botol bekas yang akan digunakan
Kedua, kulit pisang dihaluskan dengan cara diblender. Namun jika tidak ada blender, bisa dengan cara mencincang kulit pisang menjadi potongan yang sangat sangat kecil.

Selanjutnya, gula pasir dimasukkan kedalam botol dengan perbandingan gula pasir : volume botol (1 sendok : 250 ml). Gula tersebut dilarutkan dengan air bersih di dalam botol (volume air bebas).

Kulit pisang yang telah dihaluskan, dimasukkan ke dalam botol bekas yang telah berisi larutan gula pasir.
Selanjutnya air ditambahkan kedalam botol hingga batas leher botol.
Setelah itu botol dapat ditutup dengan rapat dan setelah itu didiamkan lebih dari 7-10 hari.

Tutup botol dibuka setiap hari agar gas yang terkandung di dalam botol dapat keluar.
Pupuk pun dapat langsung digunakan pada tanaman setelah didiamkan lebih dari 7 hari.

Selain itu, sebagai pengganti gula pasir, dapat digunakan EM4 pada pembuatan pupuk cair ini dengan :

Menyiapkan kulit pisang dan air 1 kg : 1L. Kulit pisang dihaluskan dan dimasukkan kedalam wadah.
Selanjutnya larutan EM4 dicampurkan ke dalam kulit pisang halus dan air yang telah bercampur dengan rata.
Pupuk ini didiamkan selama 3-4 hari lamanya.

Setelah itu pupuk pun dapat digunakan dengan diencerkan terlebih dahulu yaitu 1 L air diencerkan dengan 5 L air.

Selamat mencoba sahabat Urita.ID, semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk gunakan lahan untuk menanam pohon.

Demikian ulasan tentan pentingnya kulit Pisang, semoga dapat bermanfaat. Sampai jumpa pada ulasan berikutnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *