oleh

Penjabat Wali Kota Kupang Terima Kunjungan Kerja Anggota Komisi X DPR RI Anita Jacoba Gah

Kupang-Urita.ID, Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH, menerima kunjungan kerja Anggota Komisi X DPR RI dari daerah pemilihan NTT, Anita Jacoba Gah, di ruang rapat Garuda Kantor Wali Kota Kupang, pada Senin (17/10).

Anggota Komisi X DPR RI, Anita Jacoba Gah menjelaskan, kunjungan kali ini merupakan bagian dari agenda reses DPR RI. Beberapa sektor menjadi perhatiannya dalam reses kali ini sesuai dengan bidang tugasnya di Komisi X. Yang pertama adalah sektor pendidikan. Menurutnya saat ini Komisi X sedang melakukan penyempurnaan RUU Sisdiknas. Untuk itu dia berharap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang bisa memberi masukan untuk peningkatan mutu pendidikan di Kota Kupang.

Selain itu,kata dia, Dinas Pendidikan juga diminta menyampaikan data terkait pengelolaan dana transfer daerah yang sudah diterima selama dua tahun terakhir, seperti dana BOS, BOP PAUD, PIP, assesment pendidikan, kesejahteraan guru, pengadaan buku. Anita juga minta laporan tentang pengelolaan dana DAK fisik di Kota Kupang.

“Masih banyak sekolah yang tidak layak ruang kelasnya. Kalau masih kurang kita akan perjuangkan untuk tambah,” ungkapnya.

Anita Gah juga menyorot soal pengangkatan 423 guru P3K yang sudah dinyatakan lulus. Dia mendesak bulan November tahun 2022 ini mereka harus sudah menerima SK, karena masih ada 342 guru P3K yang harus diangkat tahun 2022 ini.

Selain pendidikan, dia juga menyorot soal olahraga khususnya kesiapan Kota Kupang menjadi tuan rumah pelaksanaan PON tahun 2028 mendatang. Anggota DPR RI asal daerah pemilihan NTT itu berharap agar kesiapan tidak hanya sekedar sarana dan prasarana olahraga, tapi juga kesiapan atlet yang bisa meraih prestasi dan mengharumkan nama NTT sebagai tuan rumah.

Dia juga menyinggung tentang sektor pariwisata Kota Kupang yang perlu digenjot untuk meningkatkan pendapatan asli daerah serta devisa negara. Menurutnya destinasi wisata di Kota Kupang perlu dibenahi dan dimanfaatkan maksimal untuk menambah daya tarik bagi wisatawan baik domestik maupun luar negeri.

Penjabat Wali Kota, George M. Hadjoh,SH, atas nama masyarakat dan jajaran Pemkot Kupang menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas perhatian Anggota DPR RI, Ibu Anita Jacoba Gah yang sudah berkenan berkunjung ke Kota Kupang dalam rangka mendukung upaya percepatan pembangunan.

Kepada Anggota Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, pariwisata dan olahraga, George mengaku punya perhatian yang tinggi pada sektor pendidikan di Kota Kupang. Karena menurutnya pendidikan dapat mengubah mindset generasi muda dalam melihat dunia dan lebih hebat membuat kemajuan yang luar biasa. Untuk itu dia mendorong pentingnya peningkatan mutu kompetensi guru, dengan menggunakan standar yang tinggi setaraf internasional.

Tentang pengangkatan guru P3K yang sempat tertunda, George memastikan SK pengangkatan 423 guru P3K sudah ditandatanganinya per 1 September 2022. Pada kesempatan yang sama Penjabat langsung memerintahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang dan jajarannya untuk segera menyiapkan data-data yang diminta oleh Anggota Komisi X DPR RI agar bisa diperjuangkan di tingkat pusat.

Tentang persiapan PON menurutnya sudah minta kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Kupang untuk mempersiapkan diri sejak dini, baik sarana dan prasarana serta atletnya, termasuk kesiapan seremoni pembukaan yang melibatkan siswa-siswi sekolah serta paguyuban-paguyuban yang ada di Kota Kupang. Ajang Pekan Olahraga Provinsi November 2022 mendatang menurutnya akan menjadi uji coba.

Sementara mengenai sektor pariwisata, pihaknya sudah mendorong pemanfaatan fasilitas yang sudah dibangun seperti kawasan wisata kuliner Kelapa Lima dan LLBK sebagai tempat pementasan aneka atraksi budaya. Sebagai Penjabat Wali Kota dia juga sudah minta kepada masing-masing Lurah untuk merancang kalender even di wilayah masing-masing rutin setiap bulan. Selain untuk melestarikan budaya daerah, even ini diharapkan dapat menghidupkan UMKM Kota Kupang.

Dalam pertemuan tersebut, Penjabat Wali Kota bersama Anggota Komisi X DPR RI juga berkesempatan berdialog dengan para kader posyandu, perwakilan guru honorer serta Badan Musyawarah Perguruan Swasta, yang menyampaikan aspirasi mereka.

Untuk diketahui, turut hadir dalam pertemuan tersebut pimpinan perangkat daerah terkait, para camat, Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) NTT, perwakilan dari forum guru honorer Kota Kupang serta perwakilan dari kader posyandu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *