Pesawat Siluman F35 Milik Asing Mendarat di Bali, Ada Apa?

Bai-Urita.ID, Bali digegerkan oleh kejadian 25/11/2022. Bagaimana tidak, pesawat tempur siluman milik Asing jenis F35 melintasi langit Bali. Kemunculan empat pesawat asing itu sempat membuat heboh jagad maya Indonesia. Dalam rekaman video yang beredar, pesawat tempur yang disebut milik negara Australia itu sempat melakukan manuver terbang rendah dan mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Dilansir dari berbagai sumber, Pesawat tempur siluman buatan Amerika itu milik Australia. Dilansir dari Viva.co.id, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah saat dikonfirmasi awak media membenarkan kehadiran empat jet tempur F-35 milik Australia itu di Pulau Dewata Bali.

Menurut Indan, empat pesawat milik Angkatan Udara Australia atau Royal Australian Air Force (RAAF) itu melakukan transit di Indonesia dari Singapura setelah melaksanakan Latihan Elangroo bersama Malaysia.

Selain empat pesawat F-35, lanjut Indan, terdapat juga satu pesawat C130 milik Angkatan Udara Australia sebagai pesawat pendukung yang turut melakukan transit di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali.

“Pesawat F35 tersebut merupakan bagian dari No.75 Squadron RAAF yang berhome base di RAAF Tindal AFB di Northern Teritoty. Pesawat RAAF tersebut transit di Bali dari Singapura setelah melaksanakan Latihan Elangroo bersama Malaysia,” kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Jum’at, 25 November 2022.

Lebih dalam Indan menjelaskan, pesawat tempur Angkatan Udara Australia tersebut diijinkan untuk transit di Bali karena melakukan pengisian bahan bakar (Refeuling) Lebih dalam Indan menjelaskan, pesawat tempur Angkatan Udara Australia tersebut diijinkan untuk transit di Bali karena melakukan pengisian bahan bakar (Refeuling) atas persetujuan atau flight clearence yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini, Kemlu RI dan Mabes TNI. Dalam kesempatan tersebut, lanjut Indan, para penerbang jet tempur F35 itu juga melaksanakan interaksi dengan 25 personel Air Crew TNI Angkatan Udara dibawah pimpinan Letkol Pnb IGN Adi Brata.

“Saat kedatangan transit di Bali, rombongan pesawat F35 dibawah pimpinan WGCDR Martin Parker (Danskad 75 RAAF) disambut oleh Komandan Lanud IGN Rai Kolonel Pnb Putu Sucahyadi,” kata Indan.

“Kegiatan interaksi dengan Air Crew TNI AU tersebut adalah dalam rangka sharing informasi dan pengalaman dari Penerbang RAAF kepada TNI AU baik tentang penggunaan F35 maupun pemeliharaannya,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *