Tak Hanya Penjara, Mantan Kades Bangka La’o Harus Kembalikan Dana Rp 500 Juta Lebih, Setelah Terbukti Korupsi Dana Desa

Kupang-Urita.ID, Gregorius Serean Keka alias Rian Keka, mantan kepada Kepala desa Bangka Lao, akhirnya dijatuhkan pidana penjara selama 2 tahun 6 bulan oleh Majelis hakim pada pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor).

Sidang dengan agenda pembacaan Putusan hakim tersebut berlangsung di pengadilan tipikor Kupang, pada Kamis, 24 november 2022.

Hakim dalam persidangan tersebut yakni Anak Agung Gde Oka, S.H, Lizbet Adelina, S.H dan Mike Priyantini, S.H. Majelis hakim dalam putusannya menyampaikan Terdakwa Gregorius Serean Keka alias Rian Keka terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar pasal 3 UU Tipikor.

Hal tersebut lah yang membuat majelis hakim menjatuhkan pidana penjara selama 2 tahun 6 bulan dikurang masa penahanan yg telah dijalani terdakwa.

Tidak hanya sampai disitu, Majelis hakim juga menghukum terdakwa untuk membayar denda sebesar Rp.100.000.000 (seratus jutarupiah) subsidair 3 bulan kurungan.

Rian keka juga dihukum untuk membayar Uang pengganti sebesar Rp. 544. 523.901 ( lima ratus empat puluh empat juta lima ratus dua puluh tiga ribu sembilan ratus satu rupiah).

Jika yang bersangkutan (Rian Keka) tidak membayar uang pengganti selambat – lambatnya 1 bulan maka harta bendanya dapat disita dan apabila harta bendanya tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti maka akan dipidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan.

Untuk di ketahui, sidang tersebut dihadiri oleh
Jaksa penuntut umum yakni Hera Ayu Saputri,S.H dan juga Penasihat hukum, Marta Yublina Tafuli, S.H dan Faula Dewi Assegaf, S.H.

Sebagaimana diketahui, Rian Keka sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka karena telah melakukan tindak pidana korupsi alokasi Dana Desa Bangka Lao tahun anggaran 2017, 2018 dan 2019.

Berikut salinan putusan hakim terhadap perkara tindak pidana korupsi kepala desa Bangka Lao, Gregorius Serean Keka alias Rian Keka.

Menyatakan terdakwa Gregorius Serean Keka alias Rian Keka terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar pasal 3 UU Tipikor.
Menetapkan terdakwa di pidana penjara selama 2 tahun 6 bulan dikurang masa penahanan yg telah dijalani terdakwa.
Menghukum terdakwa untuk membayar denda sebesar Rp 100 juta subsidair 3 bulan kurungan.
Menghukum terdakwa untuk membayar UP : 544. 523.901 . Jika tidak membayar UP selambatnya 1 bulan maka harta bendanya dapat disita dan apabila harta bendanya tidak mencukupi untuk membayar UP maka pidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *